Selasa, 03 April 2012

morat - marit rek

LAPORAN
ON THE JOB TRAINING
TRETES RAYA HOTEL & RESORT
“ FOOD & BEVERAGE SERVICE"




Disusun Oleh :
Sunardi


SMAN 1 PANGGUL

DAFTAR ISI

HALAM JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
HALAMAN PENGESAHAN
BAB I PENDAHULUAN
1.1         Latar belakang penulisan laporan on the job training
1.2         Tujuan dan manfaat penulisan laporan on the job training
1.3         Penjelasan kegiatan on the job training
BAB II TINJAUAN UMUM
2.1         Sejarah Tretes Raya hotel & Resort
2.2         Lokasi On The Job Training
2.3         Struktur Organisasi food & Beverage Service
2.4         Job Description dan Standar Operation Procedure
2.5         Handle Complain.
2.6         Personal Appearance
2.7         Squence of service
2.8         Pengertian Banquet
2.9         Macam – macam Bill
2.10     Standart Set Up Banquet Party dan Meeting
2.11     Macam – macam Glass Ware
2.12     Macam – macam silver Ware
2.13     Macam – macam Chinese Ware
2.14     What is service
2.15     Telephone Courtessy
2.16     Three Principle Profesional
2.17       Membangun Motivasi Kerja Superior
2.18       Up Selling Point
2.19       Serving Set Menu
2.20       Taxing Order
2.21       Standart Set Up Banquet Party























HALAMAN PENGESAHAN
TRETES RAYA HOTEL & RESORT

Nama                  :           MIFTAKUL ROCHMAH
NIS                          :           65 32
Jurusan               :           Akomodasi Perhotelan
Departemen        :           Food And Baverage Service
Periode               :           6 Oktober 2010 – 6 maret


Laporan  on the Job Training di terima dan disetujui oleh
Mengetahui

Penyusun                                                                     Program Akomodasi Perhotelan


     ( MIFTKUL ROCHMAH  )                                                                ( RINA KUNTARI, S.pd )

    Kepala Sekolah SMK NEGERI 2                                                   Food & B average Service
       Boyolangu Tulungagung                                                                    Coordinator


     ( Dra. AGUSTIAN, M.pd )                                                            ( SUPRIYONO )



      Human Resource Assistant                                                               General Manager


       ( ANIK INDRAWATI )                                                             ( NILWAN RUSWIR  )







BAB I
PENDAHULUAN
1.1            Latar Belakang Penulisan Laporan On The Job Training
On the Job Training adalah suatu aktifitas yang wajib dilaksanakan oleh setiap siswa jurusan perhotelan sebelum mengakhiri masa studinya. Juga merupakan suatu kegiatan untuk memperoleh pengetahuan, pengelaman dan cara bekerja yang baik dilingkungan tempat On The Job Training pada Industri pariwisata.
On the job training merupakan batu uji bagi setiap siswa atas kemampuan dan keterampilan siswa yang diperoleh dalam On The Job Training ini siswa dihadapkan pada pekerjaan nyata yang harus diselesaikan sesuai dengan pengetahuan dan keterampilan yang dikuasainya.
Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menyadarkan siswa untuk bekerja dengan penuh disiplin, kreatif, innovatif, jujur dan tekun sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan di hadapinya.
1.2            Tujuan  dan Manfaat Penulisan Laporan On The Job Training
1.2.1         Tujuan penulisan
Untuk mewujudkan siswa yang inovatif, produktif, serta berkepribadian  dalam melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dimasa mendatang.
1.2.2         Manfaat Penulisan
A.      Bagi Masyarakat ( Perusahaan / Instansi )
1.      Mengetahui perkembangan pengetahuan di bidang industry pariwisata pada umumnya dan pengetahuan tentang perhotelan khususnya.
2.      Memperbaiki system kinerja di dalam perusahaan / industry pariwisata.
3.      Manfaat keterampilan dan pengetahuan siswa untuk menyelesaikan pekerjaan di bidang industri pariwisata / perhotelan.
B.      Bagi Siswa
1.      Mengenal lebih jauh realita ilmu pengetahuan di bidang perhotelan.
2.      Menguji kemapuan diri atas ilmu pengetahuan yang diperolehnya.
3.      Memperdalam dan meningkatkan keterampilan serta kreativitas siswa.
C.      Bagi Lembaga Pendidikan
1.      Sebagai sarana operasional konsep kesepadanan ( link and Match ) antara keluaran instansi pendidikan dengan kebutuhan instansi – instansi pemakaian tenaga kerja.
2.      Memperkenalkan hasil pendidikan jurusan Akomodasi Perhotelan SMKN 2 Boyolangu, Tulungagung kepada masyarakat.

1.3            Penjelasan Kegiatan On The Job Training
Kegiatan On The Job Training dilaksankan pada awal semester selama 5 bulan mulai tanggal 6 Oktober 2010 s/d 6 Maret 2011 yang di tempatkan di bagian Food & Baverage Servie dimana dalam pelaksanaannya atas permintaan dan persetujuan dari pihak SMKN 2 Boyolangu Tulungagung dan Tretes Raya Hotel & Resort.
Sebelum  menjalani praktik kerja lapangan siswa terlebih dahulu diberikan berbagai pengarahan oleh pihak Humas Resource Department ( HRD ) mengenai fasilitas yang dimiliki Tretes Raya Hotel & Resort, peraturan – peraturan yang harus dipatuhi oleh siswa sewaktu menjalani On The Job Training serta diperkenalkan seluruh seksi Masing – masing Depertement.












BAB II
TINJAUAN UMUM

2.1           Sejarah Tretes Raya Hotel & Resort
Tretes Raya Hotel & resort yang dahulu dikenal dengan sebutan “ Kolam Renang Tretes Raya “ merupakan sebuah bangunan klasik bersejarah dari jaman kkolonial yang dibangun pada tahun 1925 oleh seorang belanda bernama Van Sloten. Pada watu itu, hanya populasi yang berkulit putih saja yang diperkenankan masuk Tretes Raya untuk berenang dan bersantai jauh dari terik matahari kota Surabaya. Sebutan Tretes Raya yang digambatkan dengan kolam renang yang berbentuk “ T “ berasal dari suara air menetes dari puncak gunung Welirang. Sebelumperang dunia ke II, Tretes Raya diambil oleh pasukan Jepang  hingga tahun 1945, ketika para sekutu menggunakan bom atom untuk menghancurkan kota Hirosima dan Nagasaki dan pasukan jepang untuk menyerah. Setelah pasukan Jepang meninggalkan Indonesia, Belanda kembali tinggal di Indonesia hingga tahu 1951, ketika pemerintah Indonesia menyita seluruh bangunan colonial termasuk Tretes Raya dan memaksa Belanda untuk meninggalkan Indonesia.
Hingga hari ini, Anda masih dapat menyaksikan beberapa peninggalan bersejarah zaman Kolonial di Tretes Raya, seperti kolam renang berbentuk “ T “ Kantor pos colonial dan Villa Edward seluruhnya sengaja diabadikan untuk mengenang sejarah Tretes Raya.
2.2           Lokasi On The Job training
Tretes Raya Hotel & resort terletak dikawasan pegunungan Welirang dan dapat ditempuh selama 45 menit dari Bandara Internasional Juanda. Letak Tretes Raya Hotel & resort sangat strategis disamping dekat dengan perkotaan juga dekat dengan beberapa tempat wisata, seperti taman safari Indonesia II, Air Terjun Kakek Bodo dan Air Terjun Putuk Truno.
Tretes Raya Hotel & Resort Terletak di :
Jln. Malabar 168 – 169 Tretes, Prigen 67157, Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia.
Web – Site         : www.tretesraya.com
E-mail                 : info@Tretesraya.com
Telp                    : ( 062 – 343 ) 885000, Fax ( 062 – 343 ) 883666
2.5            Handle Complaint
Handling Complant adalah upaya untuk menangani keluhan tamu sehingga ketidak puasan dan ketidak nyamanantamu bias direduksi dan bertujuan agar tanu tetap percaya kepad kita untuk kunjungan berikutnya.
Banyak trik dan cara untuk Handling Complain, namun secara umum ada beberapa hal yang perlu diperhatikan
1.            Jika yang Complain pria, usahakan yang menangani petugas wanita. Begitu pula sebaliknya jika yang complan Wanita yang menangani petugas Pria, Hal ini secara Psikologis bisa  sedikit mereduksi emosi tamu.
2.            menjadi pendengar yang baik, Semua orang yang mendapat masalah ingin didengar dan di perhatikan. Jangan menyela pembicaraan dan tanggapi dengan simpatik setelah tamu selesai bicara.
3.            Meminta maaaf dengan tulus, meskipun kesalahan bukan dari kita dan Cuma tamuyang salah paham. Kita tetap minta maaf  karena tidak memanstikan semua informasi terakses olah tamu.
4.            Menganalisa masalah dan membuat gambaran pemecahan solusi  sesuai standart perusahaan. Buat tamu yakin bahwa kita mengerti maksudnya misalnya dengan mengulangi point – point yang disampaikan. Yakinkan juga kita kan menindak lanjuti keluhan tersebut dengan menyebutkan beberapa solusi, Jika solusi tidak ada ditangan kita, atau solusinya berupa keputusan / kebanyakn yang tidak ditangani kita, yakni tamu bahwa masalah tersebut akan segera ditangani.
5.            Abil langkah penanganan / pendelegasian solusi.
6.            Secara  mudah bias dipahami dengan bagan ABCDEF
·        APOLOGIZE                       : Meminta maaf dengan tulus.
·        BE UNDERSTANDING        : Mendengar dan memahami permasalahan.
·        DISCUSS                             : Membahas masalah untuk mendapatkan solusi
·        EXPLAIN                             : Menjelaskan silusi yang akan di ambil.
·        FOLLOW UP                        : Menindak lanjuti masalah dengan department yang tekait.


2.6            Personal Apperance Hygiene, And Grooming
Penampilan mempunyai efek yang bersar bagi emage hotel, salah satu pertimbangan kita di terima kerja adalah kita bias menggambarkan image hotel tersebut dan diantaranya :
·        Body Cleanliness ( Kebersihan Badan )
·        Hair     ( Bersih & Rapi )
·        Ear ( waiter dilarang pakai anting dan waiterss pakai anting sewajarnya )
·        Tooth ( Tetep menjaga kebersihan gigi agar tidak bau mulut )
·        Hand ( Dilarang memelihara Kuku jari, tangan harus bersih dan kering )

2.7           Restourant’s Suquence Of Service
1.      Greeting
Menyambut tamu dengan sapaan standart restoran. Jika sudah tau namanya, sapa dengan menyebutkan namanya.
2.      Escorting and Seating the guest
Menanyakan pada tamu apa sudah pesan meja, makan untuk beberapa orang dan  atau mungkin butuh meja khusus, misalnya meja dekat mini garden atau yang menghadap panggung dan sebagainya.Mengantarkan tamu kemeja yang dipilih atau dipesan dan mempersilahkan host atau kepala rombongan untuk duduk dikursi utama ( yang menghadap pintu masuk atau menghadap langsung ke panggung ) menarikan kursi atau membantu duduk pada wanita yang bersama Host.
3.      Laying Guest Napkin
Memasang napkin  pada pangkuan tamu  dari arah kanan tamu dengan posisi  tangan kanan pada posisi jauh.
4.      Presenting menu pada list and serving bread and butter
Memberikan buku menu pada tamu dari sisi kanan tamu pada posisi terbuka dan menginformasikan jika ada menu  special atau promo. Sambil menunggu tamu memilih, kita siapkan / sajikan bread and butter sebagai peneman waktu tunggu.

5.      Taking order and Repeat it once
Mencatat pesanan tamu untuk memilih item – item tertentu, seperti makanan yang menjadi item icon restaurant, yang harganya mahal, wine yang cocok denagn makanan,dsb.
Jika tamu meminta pesanan makanan atau minumanyang tidak ada atau berbeda dengan yang ada di buku menu, jangan loangsung meh iyakan, tapi konfirmasi dulu dengan crew kitchen atau bar.
Mengulang pesanan tamu dengan membacakan semu item yang dipesan untuk menghindari kesalahan pesanan.
Menulis pesanan tamu pada captain order dan mendelegasikan pesanan ke Food atau Baverage product ( kichen dan bar )
6.      Pouring Ice Water
7.      Adjustment table set up
Menyesuaikan peralatan dengan menu yang dipesan.
8.      Presenting Baverage and Food
Menyajikan makanan dan minuman yang dipesan, mulai dari wanita yang usinay paling dewasa  kemudian memutar searah jarum jam ( decou system ) khusus wine, disajikan mulai dari host.
9.      Clear Up and Crumbing Down
Mengambil peralatan makan yang sudah tidak terpakai / sudah selesai den memberiskan meja dari sisa makanan dengan piring atau nampan tadah remah.
10.  Presenting dissert
Menyediakan hidangan penutup. Sebelumnya, semua peralatan makan diambil kecuali water goblet dan guest napkin.
11.  Presenting Bill
Memberikan bill jika hanya diminta, dibawa dalam keadaan tetutup dan dibuka tepat di depan tamu memilih cara membayar. Mengucapakan terikasih  sesaat  setelah menerima bill dari tamu , kemudian menyelesaikan proses pembayaran.
12.  Thank’s expression
Menanyakan ulang tentang kepuasan tamu, saran atau permintaan khusus jika mereka dating lagi. Melontarkan magic mords untuk mengesankan tamu, mengucapkan terimakasih dan megekpresikan betapa kedatangan mereka berarti / berharga bagi kita.

Room Service Sequence Of Service
1.      Pick up the phone
Menjawab telepon sesuai sandar telephone courtesy. Pastikan daftar menu room service sudah ada didepan anda lengkap dengan alat tulis dan kertas untuk mencatat pesanan. Mencatat pesanan tamu, menjelaskan item – item yang mungkin kurang jelas bagi tamu. Menawarkan item – item tertentu atau membantu tamu memilih menu jika mereka tidak punya gambaran tentang makanan yang hendak di konsumsi.
Mengulang kembali pesanan tamu ( repeat order ) dengan menyebutkan semua item yang dipesan untuk menghindari kesalahan pesanan.
2.      Mencatat pesanan di captain order sesuai tata cara  captain order di outlet Room Service.
3.      Mendelegasikan Pesenan ke kitchen atau bar
Disamping menyampaikan pesanan secara tertulis captain order, sampaikan juga
4.         Preparing equipment
Menyiapkan cutreries, room service guest bill, food cover dan peralatan lainya.
5.         Delivery the Order
Mengantarkan pesanan, baik makanan, minuman, cigarette dan semua item yang dipesan.
Mengetuk pintu atau membunykan bel sambil menyebutkan identitas outlet yaitu room service.
 Mengucapkan salam ketika dibukakan pintu dan masuk jika dipersilahkan masuk.
6.         Presenting the Order
Menata pesanan beserta peralatanya dimeja yang ada dikamar.
7.         Presenting Bill
Memberikan bill sesaat setelah selesai menata pesanan beserta peralatan. Diberikan dalam keadaan holder terbuka disertai pena
8.         Thank Expression
Mengexpresikan terima kasih dan menanyakan bila ada permintaan yang lain. Menyelesaikan pembayaran ( Unag kembali, print out kartu kredit, dll )
9.         Recording Delivery
Mencatat Equipment di log book Room service Delivery, meliputi nomor kamar, nama dan jumlah equipment, waktu pengiriman personel in charge.
10.     Equipment Cheking / Floor Checking
Memeriksa peralatan yang mungikn sudah selesai 1 jam kemudian atau sesuai permintaan tamu, misalnya minta di – clear up 20 atau 35 menit lagi, dll.

2.8           Bunquet
Bunquet berasal dari bahasa perancis “ banc “ yang artinya bangku, banquet atau yang sering disebut dengan andrawina yang identik dengan pesta parkawinan.
Bunquet adalah sekumpulan orang orang – orang yang berada pada suatu tempat tyertentu, menikmati suatu makan dan  minum dalam rangka merayakan suatu perayaan tertentu dan tempat duduk menyerupai suatu bentuk tertentu, misalnya ( acara pesta , cocktail party, seminar dan lain – lain ) di hotel tersebut, disiapkan kesepakatan dengan pelanggan.
Didalam Bunquet pelayanan makanan yang besar dan mewah. Acara ini dilaksanakan dalam suatu deretan meja perjamuan yang diawasi yang diawasi oleh seorang banquet manager. Bunquet cenderng diartikan sebagai upacara atau pesta special untuk tujuan professional, sosoial maupun upacara kebesaran pelayarandimulai sejak pelanggan memesan tempat hingga akhir  acara.
Tata  cara pelayanan banquet berbeda  dengan bagian restaurant, room service maupun coffee shop yangada di hotel. Ciri khusus banquet adalah sungguh melayanisuatu jamuan makan malam jumlah banyak. Semua macam bentuk ervice dapat diterapkan disini, tergantung permintaan pelanggaran ( standing, party, sitting party )
Bunquet tdak bisa berdiri sendiri, melainkan berhubungan erat dengan House keeping, accounting, engineering, store room, personalia, marketing, kitchen, purchasing dan Front office.
Banquet mempunyi misi untuk menjual jasa pelayanan. Fungtion room dan product food dan Baverage yang dimiliki hotel sebanyak – banyaknya kepada para pelanggan.
Jenis – Jenis Bunquet :
-        Dilihat dari tata cara penyelenggaraan acara.
-        Dilihat dari tata cara tinjauan penyelenggaraan.
-        Dilihat dari tata cara model pengaturan meja dan kursi
-        Penataan ruang dikehendaki sesuai dengan jenis acara yang dilaksanakan
-        Harga yeng dikenakan ntuk perorangan
-        Fasilitas lainya
-        System pembayaran.


















2.11   Macam – macam Glass Ware
-          Water Goblet
-          Hiball
-          Red Wine Glass
-          Champagne Glass
-          Irish Glass
-          Collin Glass
-          Pld Fashion Glass

2.12     Macam – macam Silver Ware
-          Diner spoon
-          Disert
-          Soup
-          Dinner Fork
-          Disert Fork
-          Fish Fork
-          Butteh Spidder
-          Steak Knife
-          Fruit Knife
-          Ice Scoop
-          Spatula
-          Soup Ladle
-          Cake Tong / Fruit Tong
-          Clamb
-          Sarving Spoon / Fork
2.13     Macam – macam Chinese ware
-          Caserol
-          Sapo
-          Oval ( large, Meduim, Small )
-          Cereal
-          Saucer
-          B & B Plate
-          Dissert  Plate
-          Dinner  Plate
-          Tea Pot
-          Coffee Pot
-          Chili Pot
-          Creamer Pot
-          Saus Boat
-          Rice Bowl

2.14   What is Service
S           : SMILE FOR EVERY ONE ( senyum kepada setiap orang )
E          : EXCELENT IN EVERITING WE DO ( baramah tamah, supel dan sopan )
R          : REACHING OUT TO EVERY AS SPECIAL ( mamberikan pelayanan yang memuaskan )
V          : VIEWING EVERY GUEST AS SPECIAL ( memanadang tamu dengan special )
I           : INVITING GUEST TO RETURN ( memandang tamu untuk dating kembali )
C          : CREATING A WARM ATMOSPHERE ( menciptakan suasana yang hangat )
E          : EYE CONTACT THAT SHOW WE ARE            ( kontak mata dari wujud perhatian )
 SQUNCE OF SERVICE
1.         Greeting
2.         Escort and seting the guest
3.         Laying gues napkin
4.         Presenting in the menu
5.         Taking order and repeat the order
6.         Pouring ice water
7.         Adjustment table set up
8.         Service
9.         Clear up and crumbing down
10.     Presenting dessert
11.     Presenting the bill
2.15   Telphone courtesy
Jika mengunakan telephone pastikan penerima yang kita telphon merasa penting dengan bersikap ramah sopan dan professional.
g    Angkat telfon sbelum 3 kali bordering
Telepon yang berbunyi lebih dari 3 kali memberi kesan kepada pemanggil kalau kita tidak ingin mengangkat telfon
g    Greeting atau salam
Jika mengangkat telfon selalu sebelum sebutkan nama dan outlet / nama hotel.
g    Senyum ketika bicara
Sebuah senyuman membatu suara kamu lebih santai dan menyenangkan.
g    Berbicara yang jelas
Berbicara yang jelas dan benar dan jangan menggumamkan / mendengung.
g    Beri perhatian penuh
Berbicaralah hanya dengan orang yang ditelfon jangan berbicara dengan orang disekitar.

Prosedur Pelayanan di Room service
Persiapan
*      Siapkanlah menu di depan anda
*      Peralatan menulis
*      Kertas corat – coret
Tamu Menelepon
*      Angkat dan jawab telepon sebelum dering ketiga dengan ramah dan sopan.
*      Memberikan greeting misalnya :
~        “ selamat pagi / siang / malam room service ada yang bisa kami bantu ?”
~        “ god morning / afternoon / evening room service .. may I help you ?”
*   Apa tamu tersebut langsung masuk kedalam pembicaraan atau pesan, tanpa menyebabkan identitas nama atau kamar, biarkan hal ini belangsung dan jangan di interrupt.
*   Dengarkan dengan baik dan tulislah setiap pesan tamu dengan seksama pada draft paper.
*   Bicaralah dengan jelas dan gambling serta dengan nada yang menyenangkan.

2.16   Principle Off professional service
1.             Professional Attitude
Memiliki sense of service, shingga kita biasa bilang “ I’m GLAD TO ASSIST YOU “
“ MY PLEASURE HELP YOU “.” HOY MAY I HELP YOU “ dll. Bukan hanyadilisan tapi juga dipikiran , karena adanya tamu yang membuat bisnis kita EXIST atau mungkin juga berkembang.
2.                  Professional Responsibillity
Sebagai seorang frontliner atau service agent maka selayaknya kita bisa menjadi service agent yang bik. Tanggung jawab erasal dari kesadaran, yaitu menyadari posisi dan porsi kita menanamkan pada dirikita tangung jawab akan hal yang kita jalani, jika beserta konsekwensinya.
3.                       Team Work
4.                       Mampu menyamakan persepsi dalam teeam, menyadari sebagian dari bagian team,  dan bekerja bersama – sama dalam porsi masing – masing.

2.17     Membangun motivasi Kerja Supervisor
Heslty              :
·        Sehat Lingkungan
·        Sehat Kondisi
·        Sehat Suasana
·        Sehat SDM

Organizing      :
·              Terorganisasi
·              Terencana
·              Terjadwal
·              Sitematis
·               Standart

Tasty               :
·              Bangunan anggun dan bagus
·              Lingkungan semarak
·              Makanan cita rasa tinggi
·              SDM professional
·              Suasana Kekeluargaan
Efficien                        :
·              Layanan cepat, tepat, Praktis
·              Sajian tidak kurang dan tidak lebih
·              SDM disiplin Tinggi
·              Tidak Boros Pengeluaran
Learn & Love  :
·  Belajar untuk sukses
·  Pelayanan Ssepenuh hati
·  Bekerja Tekun
·  Mencintai apa yang ada di sekit kita.


2.18   Up Selling Point
1.        Prepare Ourselves
Mempersipakan dirikaita baik dari segi penampilan( appearance ), pikiran ( attitude ) kecakapan ( skill ), maupun pengetahuan ( knowledge ),  4 hal dasar tersebut harus dimiliki setiap frontliner.
2.        Knowing the Atmosphere
Memahami suasana , apakah saat pagi , siang, malam, udara dingin, atau cerah, atau sedang musim makanan tertentu.
3.        Read the Guest Signal
Memperkirakan asal tamu agar tidak menyarankan item yang asing tau aneh bagi tamu.latar belkang dan mood tamu juga di pertimbangkan.
4.        Recommendation
Menyarankan kepada tamu untuk memilih item – ite tertentu, misalnya yang harganya bagus, yang Up sell today atau juga menu  - menu promo.
5.        Descrimbing Item
Menjelaskan detai item makanan atau minuman unetuk memberi gambaran pada tamu tentang item yang hendk dipesan, biasanya bahan dan komposisi, cara masak / pembuatan dan timing prosesnya.
6.        Offering Alternatif
Menawarkan menu yang hampir sama jika menu yang ditawarkan tidak ada.



















2.20      Hal – hal Penting dalam Taking Order
1.       perhatikan personal grooming, kebrsihan area dan kelayakan buku menu, karena halite berhubunngan dengan kenyamanan tamu dan menunjang rasa percaya diri kita.
2.       kuasai pengetahuan tentang product yang akan dijual agar bisa detail saat menjual dan menawarkan.
3.       General Attitude , misalnya berdiri tegap, suara lembut dan bersahabat.
4.       menawakan dan menjelaskan ketika tamu siap mendegar.
5.       hindari mendesak tamu untuk memilih item tertentu
6.       bisa menjadi pendengar yang baik ketika tamu menjelaskan detai item yang mera pesan secara khusus.
7.       Up seling
8.       Mengulang pesanan yang dicatat dikaptain order sesuai standart penulisanya.














 


TRETES RAYA
Hotel & Resort
STANDART OPERATION PROCEDURE FOOD & BAVERAGE DEPT.
TRETES RAYA HOTEL & RESORT
PELAYANAN DI DYNASTY RESTAURANT DAN BAR LOUNCE.
1.            Tamu datang :
*         Welcome / menyambut tamu didepan restaurant.
*         Greeting / mengucapkan salam :
~        Selamat pagi , siang, malem…………………..
~        Good morning / good afternoon ……………
*       Menunjukan / membantu & mendampingi tamu pada saat akan mencari / menuju meja yang akan ditempati, dan jika memungkinkan untuk menanyakan apakah sudah memsan tempat.

2.            Mempersilakan tamu untuk duduk
*       Membatu tamu pada saat akan duduk denga jalan membantu menarik kursinya, dahulukan :
~        Tamu wanita lanjut usia
~        Tamu pria lanjut usia
~        Tamu wanita dan seterusnya.


3.             Memberi Menu
*       Memberika menu denga dibuka pada bagian tengahnya dari sebelah tangab dengan urutan seperti halnya kan mendudukan sesorang.
*       Menyajikan / menuangkan air es sementara tamu mewbaca menu. Usahakan dengan posisi gelas tetap kita angkat dan water picter pada tangan kiri.

4.                Mengambil Pesanan
*       Taking the order / dilakukan oleh captain restorant yang bertugas atau  captain restaurant mdeledagikan bawahanya
*       Berdiri dengan sikap tegap
*       Mendengarkan dengan baik saat tamu memesan dan menulis dalam order slip. Tulisan dalam huruf yang terang dan jelas
*       Mempunyai pengatahuan tentang menu dan memberikan penjelsan saran atau menawarkan makanan ketika tamu sedang memesan.
*       Pada penulisan di order slip dibuat sistematika ( Teble Plan ) dengan berpatokan pada pntu masuk dan bergerak searah jarum jam, jangan lupa elengkapi data pad order slip : nma waiter / tanggal / No meja.
*       Tawarkan minuman baik alkoholik maupun non alkoholik sesuah menganbil pesanann makanan.

5.                                                                                         Mengulangi pesanan
*            Ulangi kembali apa yang telah dipesan, hal ini menghindari untuk kesalahan pada satat taking order.
*            Penulisan pesanan untuk makanan dan minuman dilakukan dalam slip order yang terpisah.
*            Slip order dibuat rangkap 3 :
Rangkap I                     : Untuk Kichen / Bar
Rnagkap II & III                        :untuk kasier

6.                                                                                         Menyajikan waiting snaks
*        Mintalah waiting snack yang sudah disiapkan di pantry
*        Sajikan waiting snack dengan dissert plate dengan c
*        atatan 1 meja 1 bungkus

7.                                                                                         Set – up peralatan / Cuttleries
*        Disesuakian dengan pesanan tamu, dilakukan dari sebelah kanan dan kiri tamu.

8.                                                                                         Menyajikan minuman ( Pouring Ice water )
*       Lakukan disebelah kanan tamu dan letakan dekat water goblet
*       Tambahkan air minum yang telah habis dan tawarkan kembali pada tamu yang memesan minuman apabila habis. Bila tamu sudah tidak memesan ambilah botol beserta gelasnya.
*       Pada waktu menaruh minuman tuangkanlah kedalam gelas kira – kira setengahnya dan letakan botol minuman di dekat geasnya dengan mengunakan coaster.

9.                                                                                         Menyajikan makanan ( service)
*       Periksa makanan yang telah disiapkan dari kitchen sebelum dihidangkan kepada tamu ( kebersihan , kerapian , makanan penyertaan dll)
*       Lakukan selalu dari sbelah kanan tamu yang kaan kita dahulukan.
*       Sebutkan nama makanan yang dipesan saat akan meletakkan makanan di meja, hal ini untuk mengecek.
*       Sajikan makanan dengan logo, peralatan menghadap tamu, dengan memperhatikan urut – urutan penyajian makanan dari Appetizer sampai disert.


10.            Clear Up
*       Setelah tamu selsai makan pertama, sebelum clear up peralatannya, maka tanyakan tamu tersebut bagai mana makanya.
*       Setelah terlihat bahwa seluruh makanannya sudah selesai maka waiternya menanyakan :
Apakah sudah dapat kami clear up ?
May I clear up it ?
*       Cara pengambilan dari sebelah kanan tamu dan berjalan berlawanan arah jarum jam dan letakan / atur diatas trolley sesuai denga jenisnya.

11.            Crumbing down
*       Bersihkan sisa – sisa makanan diatas meja dengan mengunakan paper napkin dan dessert plate.
*       Lakukan dari sebelah kanan dan kiri tamu secara hari – hati.

12.                                                                                    Menawarkan Dissert ( presenting Dissert )
*        Tawarkan dissert dengan membawakan menunya dalam keadaan terbuka atau langsung disebutkan jenis dissert.
*        Jika tdak mau tawarkan kopi atau teh sebagai alternative penutupnya.
*        Jika tamu menghendaki maka set up kembali meja dengan peralatan dissert sesuai dengan pesanan tamu.

13.                                                                                    Memberikan Bill ( Presenting The Bill )
*        Jika tamu sudah menghendaki bill, maka diantarkan bill yang ditaruh pada bill holder.
*        Jika tamu membayar secara tunai atau cash periksalah kembali jumlah uang yang diberikan dihadapan tamu tersebut.
Juika tamu tanda tangan atau sign, periksalah kembali nomor kamar, nama tamu, serta tanda tangan.

14.                                                                                      Tamu Pergi ( say Thank’s )
*        Membantu menarikan kursi tamu
*        Mengucapkan terimaksih atas kedatagannya, misalnya :
~            “ terimakasih atas kedatanganya “
~            “ thank you for your kinness to have ….. with us “
*        Antarkan tamu sampai kedepan  restaurant.

15.            Set – Up
*            Set – up kembali perlengkapan meja yang telah kosong sesuai dengan standart set – up.
*            Jangan lupa untuk mengganti table cloth yang telah kotor dengan yang bersih.
*            Bersihkan kursi dari sisa – sisa makanan
*            Periksalah lazy suzan dan lantai sekitar meja dari sisa- sisa makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar